Ini Dia Kenapa Bisnis Kamu Harus Punya Panduan SOP!

SOP_ISGroup

Dalam sebuah perusahaan perlu memiliki sistem yang dijadikan acuan dari segala aktivitas yang berhubungan dengan perusahaan. Salah satu hal yang dapat menunjang perkembangan kemajuan perusahaan adalah dengan adanya panduan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang baik.

Lalu, apa itu panduan SOP? Apa saja manfaat dan tujuan SOP? Serta kenapa bisnis harus punya SOP? Yuk, simak artikel berikut ini!

Pengertian SOP

Secara umum, SOP (Standar Operasional Prosedur) dapat diartikan sebagai pedoman tertulis sebagai acuan dalam menjalankan pekerjaan bagi karyawannya.

Panduan SOP ini dijadikan pedoman dalam bekerja sesuai dengan tata kerja, prosedur, dan sistem kerja di perusahaan tersebut. Selain itu, panduan SOP juga dijadikan sebagai acuan bekerja sesuai dengan alat penilaian kinerja perusahaan.

Bisnis akan berkembang jika seluruh pekerja dapat mematuhi panduan SOP yang telah ditetapkan. Tanpa adanya panduan SOP, maka seluruh bagian perusaahan tidak dapat berjalan efektif dan dapat mempengaruhi efektivitas kerja menjadi menurun.

Artikel menarik lainnya: CARA MUDAH MEMAHAMI PERJANJIAN BISNIS SUPAYA TIDAK RUGI

Tujuan Adanya Panduan SOP dalam Bisnis

Dengan adanya SOP yang berlaku, maka seorang manajer bisa mengetahui kualitas karyawannya dari bagaimana karyawannya menjalankan Standar Operasional Prosedur sesuatu aturannya.

Adapun tujuan panduan SOP adalah sebagai berikut:

  1. Untuk menjaga kinerja karyawan dalam suatu tugas tertentu.
  2. Untuk acuan dalam pelaksanaan pekerjaan tertentu.
  3. Untuk menghindari adanya kesalahan atau kegagalan.
  4. Untuk menjelaskan alur tugas dari pekerjaan, wewenang dan tanggung jawab dari tugas terkait.
  5. Untuk menjadi pedoman perusahaan dalam melaksanakan proses kerja dari awal hingga akhir.

Artikel menarik lainnya: SERING DILUPAKAN, INI DIA PENTINGNYA PERJANJIAN BISNIS UNTUK MELINDUNGI BISNIS ANDA!

Fungsi Panduan SOP dalam Bisnis

Selain memiliki tujuan, ada fungsi yang dimiliki panduan SOP yakni dapat memudahkan karyawan dalam melaksanakan pekerjaaannya.

Dengan adanya panduan SOP, maka setiap karyawan akan mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan dalam pekerjaannya.

Adapun fungsi pandungan SOP, yaitu:

  1. Adanya pandungan SOP dapat menjadi dasar hukum yang kuat jika terjadi sesuatu yang menyimpang dalam pekerjaan.
  2. Adanya pandungan SOP dapat memberikan pengetahuan tentang hambatan yang mungkin terjadi pada setiap karyawannya.
  3. Adanya panduan SOP dapat membantu memberikan arahan kepada karyawannya untuk saling menjaga kedisiplinan saat bekerja.
  4. Adanya panduan SOP dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin dalam suatu pekerjaan terkait.
Manfaat Panduan SOP dalam Bisnis

Adapun manfaat panduan SOP adalah sebagai berikut:

  1. Panduan SOP berfungsi sebagai standarisasi cara yang dilakukan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya.
  2. Panduan SOP dapat membantu staff menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen.
  3. Panduan SOP mampu meningkatkan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas.
  4. Panduan SOP mampu menunjukkan kinerja bahwa organisasi tersebut dikelola dengan baik.
  5. Adanya panduan SOP akan terhindar dari tumpang tindih pelaksanaan tugas.
  6. Panduan SOP dapat membantu meluruskan segala kesalahan prosedural dalam memberikan pelayanan agar tetap berjalan sesuai yang diharuskan.

Artikel menarik lainnya: BUAT IZIN USAHA? CUKUP PAKAI NIB SAJA!

Dampak Bisnis Jika Tidak Memiliki Panduan SOP

Perusahaan yang masih belum berjalan sesuai dengan sistem yang benar dikarenakan belum terdapatnya SOP dapat berakibat pada tahapan kegiatan karyawan perusahaan.

Jika bisnis atau perusahaan belum memiliki panduan SOP, maka perusahaan tidak dapat digambarkan dengan jelas. Karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut lebih banyak beroperasi berdasarkan apa yang sudah mereka jalankan bertahun-tahun.

Hal tersebut akhirnya akan menjadi sebuah budaya yang buruk di dalam perusahaan dan memungkinkan terjadinya kesalahan dalam bekerja.

Itulah mengapa panduan SOP sangat penting untuk perusahaan. Dan perlu diingat, SOP memiliki prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh seperti konsisten, komitmen, perbaikan berkelanjutan, mengikat, dan terdokumentasi dengan baik.

SOP adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan.

Legalitas atau perizinan usaha dalam sebuah bisnis merupakan salah satu komponen dari panduan SOP yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Yuk, urus pembuatan izin usaha dan legalitas usaha lainnya bersama ISGroup Consulting. Dengan tim yang profesional, dapat membantu pengurusan izin usaha Anda secara cepat dan sangat terpercaya.

Ketahui informasi ISGroup Consulting selengkapnya di www.isgroupconsulting.com atau konsultasikan sekarang GRATIS di 081287414927.

layanan_ISGroup