Kenali Perbedaan Target Market dan Target Audience

targetmarket_ISGroup

Dalam suatu bisnis, setiap perusahaan pasti menginginkan usahanya maju dan berkembang. Perlu kita ketahui, kekuatan utama suatu bisnis terletak pada strategi pemasarannya.

Dalam strategi pemasaran, ada dua istilah yang seringkali diartikan seksama, yaitu target market dan target audience. Target ini berfungsi supaya produk yang kita jual dapat sesuai dengan permintaan pasar.

Berbicara tentang target, sebagai orang awam pastinya kita berasumsi bahwa target audience dan target market memiliki arti yang sama. Bahkan, seringkali para pelaku bisnis pun menganggap dua istilah ini sama.

Padahal target market dan target audience memiliki arti yang berbeda loh.

Mau tahu apa perbedaannya? Simak artikel ini untuk mengetahui perbedaannya ya!

Apa Sih Bedanya Target Market dan Target Audience?

Target market adalah sesuatu atau seseorang yang kita targetnya untuk mengonsumsi atau menjadi pengguna produk atau jasa yang kita tawarkan.

Misalnya, ketika kita membuat suatu produk atau jasa layanan, kita harus mempertimbangkan siapa yang nantinya akan menggunakan produk atau layanan jasa kita di masa depan.

Biasanya untuk menentukan sebuah target market perlu dilakukan riset yang mendalam. Selanjutnya, kita akan menemukan sekelompok orang yang identik dengan produk yang akan kita pasarkan.

Misalnya kita memproduksi serum kecantikan, maka kita pasti telah memikirkan juga penggunanya kelak adalah perempuan remaja dan dewasa. Nah, inilah yang disebut sebagai target market.

Sedangkan, Target audience adalah sasaran yang diharapkan dapat membeli produk kita. Untuk lebih jelasnya, target audience ini adalah sasaran atau umpan dari pemasaran produk kita.

Target market adalah sekelompok orang yang diharapkan menjadi pengguna produk kita, sedangkan target audience merupakan sekelompok orang yang diharapkan dapat membeli produk kita.

Nah, sekarang sudah bisa membedakan kan’ perbedaan antara target market dan target audience? Selanjutnya kita ketahui lebih detail yuk mengenai target market dan target audience.

Artikel menarik lainnya: KENAPA HARUS PAKAI LAYANAN PENGADAAN BARANG DAN JASA?

Seberapa Penting Peran Target Market dan Target Audience?

Dalam sebuah bisnis, peran target market dan target audience sangatlah penting.

Dengan menentukan target market, dapat mengarahkan kita kepada kelompok konsumen dengan karakter konsumen tertentu. Dengan demikian, kita dapat mengukur, meningkatkan, dan menentukan potensi keberhasilan dalam membangun bisnis.

Selain itu, target audience juga penting untuk mengembangkan bisnis. Bisnis yang tidak berkembangkan itu bisa jadi disebabkan karena kurang tepat dalam menyasar audience yang ingin dicapai.

Maka dari itu, setiap pelaku usaha atau pembisnis dalam memasarkan produknya harus membuat rincian target audience yang tepat. Dengan begitu, usaha yang sudah kita lakukan tidak berbuah sia-sia.

Artikel menarik lainnya: PENTINGNYA LEGALITAS USAHA DALAM BISNIS

Faktor Penentu Target Market dan Target Audience

Terdapat beberapa faktor penentu target market dan target audience. Keduanya jelas memiliki perbedaan yang signifikan. Faktor penentu target market yang hendak dituju adalah lokasi, demografi dari calon konsumen, kebiasaan calon konsumen, serta daya beli konsumen.

Sedangkan, faktor penentu target audience adalah kita harus mengetahui produk atau jasa yang kita tawarkan, pahami kalangan seperti apa produk itu dibuat, golongan seperti apa yang akan memberikan penilaian tentang kegunaan dari produk yang kita buat, siapa yang akan membeli produk kita, siapa saja yang akan tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan, kenali siapa kompetitor bisnis kita, serta apa saja yang sudah kompetitor kita lakukan.

Dari sinilah kita akan mudah dalam menentukan target audience seperti apa. Setelah itu, kita akan semakin mudah menjalani bisnis kita.

Artikel menarik lainnya: STRATEGI MENDAPATKAN GLOBAL BUYER DI PASAR LUAR NEGERI

Manfaat Target Market dan Target Audience

Target Market

  1. Mampu menempatkan teknik pemasaran secara lebih jelas.
  2. Mudah dalam mengatur produk yang ditawarkan.
  3. Menemukan serta membandingkan peluang yang ada di pasar.
  4. Mudah dalam mengelompokkan budget usaha dengan tepat.
  5. Proses penyesuaian produk dan strategi pemasaran lebih terarah.
  6. Memanfaatkan sumber daya bisnis secara efisien dan efektif.

Target Audience

  1. Memudahkan kita untuk membuat konten promosi.
  2. Pemasaran produk atau jasa lebih tepat sasaran.
  3. Mampu mengoptimalisasi pemasaran.
  4. Menghindari persaingaan bisnis yang tidak sehat.
Cara Menentukan Target Market dan Target Audience

Ada perbedaan dalam menentukan target market dan target audience. Untuk mengetahui bagaimana cara menentukan target market, yaitu:

  1. Menentukan siapa konsumen kita dengan menganalisis dari sisi geografi (pengelompokan berdasarkan lokasi dan wilayah), demografi (pengelompokkan berdasarkan usia), dan psikologi (pengelompokan berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian, atau gaya hidup).
  2. Mengetahui kebutuhan target pasar dengan pengenalan produk melalui sebuah event atau bazaar.
  3. Melakukan evaluasi terhadap kebutuhan dan ketertarikan target pasar yang kita sasar.
  4. Menentukan strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan produk.
  5. Mengevaluasi respon pasar, apakah strategi yang diterapkan berjalan efektif atau tidak.

Tidak jauh berbeda dengan target market, cara menentukan target audience, di antaranya:

  1. Menganalisis dan mewawancara target audience.
  2. Riset kondisi pasar dengan melihat trend produk serupa untuk menambah nilai unik produk kita.
  3. Menganalisis pesaing dengan melihat siapa saja yang membeli produk mereka, bagaimana penjualannya bisa sukses, dan sebagainya.
  4. Membuat persona atau karakteristik target audience kita.
  5. Memakai google analytics untuk melihat siapa saja target audience yang telah mengunjungi website kita.

Bagi Anda yang masih baru memasuki dunia bisnis, jangan khawatir terhadap pesaing Anda ya! Persaingan bisnis memang sangat ketat, tetapi jika kita mampu memahami dan mengenali strategi penjualan kita dengan menentukan target market dan target audience, pastinya bisnis yang kita jalani akan berjalan dengan lancar dengan alokasi yang tepat.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda secara legal dan terlindungi? Mulailah bersama ISGroup Consulting. Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan legalitas, ekspor impor, freight forwarder, pengadaan barang, dan tax & finance. Kami menyediakan solusi bisnis yang inovatif kepada perusahaan yang menjadi mitra kami. Dengan mutu cepat, terpercaya, dan transparan demi kelangsungan bisnis yang harmoni dan berkelanjutan.

Kunjungi website kami dan konsultasikan bisnismu segera GRATIS melalui www.isgroupconsulting.com atau nomor telepon 081387001998.

Layanan_ISGroup