Inilah Pentingnya Perizinan NIB Bagi Pelaku Usaha

NIB_ISGroup

NIB adalah kebijakan baru dari pemerintah untuk memudahkaan pengusaha dalam mengurus dan mendapatkan izin usaha.

Melalui Perpres Nomor 91 Tahun 2017, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru dalam pembuatan perizinan usaha, yaitu dengan pembuatan perizinan NIB (Nomor Induk Berusaha). Aturan ini diresmikan sejak Mei 2018.

Melalui perizinan NIB semakin memudahkan para pengusaha dalam mendapatkan perizinan usaha, lho! Dengan perizinan NIB pengusaha tidak perlu repot mengurus segala surat izin usaha yang meliputi SIUP, IUI, TDP, dan masih banyak lainnya. Apalagi prosedur perizinan ini terbilang memakan waktu. Perizinan NIB dapat menggantikan pengurusan perizinan usaha lainnya.

Lalu, apa itu perizinan NIB? Apa saja manfaat dan prosedur perizinan NIB? Seberapa penting perizinan NIB bagi pelaku usaha?

Pengertian Perizinan NIB

NIB (Nomor Induk Berusaha) adalah identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS (dalam hal ini adalah BKPM) setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran melalui OSS (Online Single Submission).

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Pasal 25 ayat 1 yang membahas tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) menyebutkan bahwa NIB merupakan identitas berusaha dan digunakan oleh para pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersial atau operasional.

Tidak hanya menggantikan seluruh perizinan usaha sebelumnya, eksistensi dan kepemilikan perizinan NIB berfungsi sebagai API (Angka Pengenal Importir) yang memudahkan akses kepabeanan.

Artikel menarik lainnya: YUK! KETAHUI MANFAAT LAYANAN OSS UNTUK PERIZINAN USAHA ANDA

Alasan Pelaku Usaha Wajib Punya Perizinan NIB

Alasan pentingnya Pelaku Usaha wajib punya perizinan NIB, di antaranya:

  1. Perizinan NIB Memangkas Proses Perizinan

Perizinan NIB selain berfungsi sebagai identitas usaha, NIB berlaku sebagai TDP (Tanda Daftar Perusahaan), API (Angka Pengenal Impor), Akses Kepabeanan terutama jika pelaku usaha ingin melakukan kegiatan ekspor impor. Dengan perizinan NIB, pelaku usaha tidak perlu repot lagi mengurus ketiga persyaratan itu.

  1. Pengajuan perizinan NIB makin cepat dengan sistem OSS

Sebelum adanya OSS dan perizinan NIB, pelaku usaha memerlukan waktu yang lama untuk mengajukan izin usaha. Sekarang, dengan adanya sistem OSS dan perizinan NIB pelaku usaha dimudahkan dalam persyaratan pengajuan izin dan tidak mewajibkan untuk tinjau ualng dokumen.

  1. Perizinan NIB menyederhanakan persyaratan perizinan usaha

Perizinan NIB dapat memfasilitasi pelaku usaha untuk menyimpan data perizinan dalam satu identitas. Jadi, Anda tidak perlu membawa berkas-berkas persyaratan yang banyak untuk mengurus perizinan.

Artikel menarik lainnya: TIPS MEMILIH JASA PERIZINAN USAHA YANG TEPAT

Bagaimana Cara Memperoleh NIB?

Untuk memperoleh perizinan NIB, pelaku usaha harus melakukan log-in terlebih dahulu pada sistem OSS. Selanjutnya, pelaku usaha dapat mengisi data-data yang diperlukan, seperti pemegang saham, profil perusahaan, nilai investasi, dan rencana penggunaan tenaga kerja asing jika diperlukan.

Yang paling penting, mengisi perizinan NIB harus memastikan informasi bidang usaha sesuai dengan 5 digit KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia).

Setelah mendapatkan perizinan NIB, melalui sistem OSS, maka pemilik usaha harus mampu memenuhi komitmen untuk mendapatkan izin selanjutnya, yaitu izin operasional dan komersial yang berguna dalam menjalankan usaha. Jika tidak mampu memenuhi komitmen, Lembaga OSS dapat langsung mencabut izin usaha.

Masa Berlaku Perizinan NIB

Masa berlaku perizinan NIB adalah tidak ada batas waktu berlaku sampai kapan atau seumur hidup. Artinya, perizinan NIB masih akan berlaku selama pelaku usaha menjalankan usahanya.

Artikel menarik lainnya: PENTINGNYA LEGALITAS USAHA DALAM BISNIS

Manfaat Perizinan NIB

Ada beberapa manfaat dari perizinan NIB, di antaranya:

  1. Memudahkan legalitas perusahaan.

Perizinan NIB berfungsi sebagai identitas berusaha untuk mendapatkan izin usaha, baik komersial atau operasional. NIB berfungsi sebagai TDP, API, dan Akses Kepabeanan.

  1. Kemudahan untuk mendapatkan dokumen lainnya.

Dengan membuat perizinan NIB dapat memperoleh dokumen lainnya, di antaranya:

  1. NPWP Badan atau Perseorangan
  2. Surat Pengesahan RPTKA (Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing)
  3. Terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan secara otomatis
  4. Notifikasi kelayakan untuk mendapat fasilitas fiskal
  5. Memperoleh surat izin usaha
  6. Proses terintegrasi

Dengan melakukan pengurusan perizinan NIB, maka Anda dapat menghemat waktu dan mempersingkat proses pengurusan karena akan mendapat sejumlah dokumen lainnya yang dapat membantu kelancaran sebuah bisnis.

Demikianlah pembahasan mengenai perizinan NIB. Dengan memiliki perizinan NIB dapat memudahkan bisnis Anda.

Apabila Anda ingin mengurus perizinan NIB, ISGroup Consulting sebagai perusahaan jasa legalitas dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda untuk mengurusi perizinan NIB, pembuatan PT, serta pengurusan dokumen legalitas lainnya.

Jasa pengurusan legalitas oleh ISGroup Consulting sudah memiliki pengalaman dan ditangani oleh tim yang profesional. Kami akan mengurus perizinan Anda secara cepat, terpercaya, dan transparan sehingga Anda dapat menghemat waktu dan biaya.

Konsultasikan bisnis Anda secara GRATIS bersama ISGroup Consulting melalui www.isgroupconsulting.com atau hubungi melalui nomor telepon 081387001998.

hubungikamiISG