Apa Itu Sertifikasi ISO? Apa Saja Manfaatnya bagi Bisnis?

ISO_ISGroup

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang berpacu pada sistem, bukan perusahaannya. Faktanya, 98% perusahaan yang memiliki sertifikat ISO menilainya sebagai investasi yang baik atau sangat baik.

Penelitian terhadap 82 studi tentang ISO menemukan bahwa sertifikasi ISO memiliki manfaat yang jelas dalam operasi, kepuasan pelanggan, dan keterlibatan karyawan.

Lalu, apa itu sertifikat ISO? Apa saja manfaatnya bagi bisnis? Yuk, simak artikel berikut ini!

Pengertian Sertifikat ISO

Secara garis besar, sertifikat ISO adalah sistem manajemen untuk mengukur kualitas atau mutu suatu perusahaan. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa kredibilitas perusahaan tersebut mampu bersaing secara global.

Jika sebuah perusahaan memiliki sertifikat tersebut, akan lebih mudah bersaing dalam kompetisi pasar. Selain itu, ketika memilikinya maka ada jaminan kualitas atas produk atau jasa yang ditawarkan serta kepercayaan konsumen pasti meningkat.

Jika sebuah perusahaan telah menetapkan standar ISO, akan berguna bagi brand image dan brand engagement perusahaan.

Artikel menarik lainnya: SEBELUM IMPOR, PAHAMI LEBIH DAHULU APA ITU KUOTA IMPOR!

Manfaat Sertifikat ISO

Ada beberapa manfaat yang diperoleh ketika sebuah perusahaan menerapkan sertifikat ISO, yaitu:

  1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Jika konsumen mengetahui bahwa perusahaan memiliki sertifikat tersebut, konsumen tidak akan ragu untuk membeli dan menggunakan produk tersebut. Hal tersebut karena adanya jaminan kualitas, proses produksi yang andal, hingga keamanan yang cukup baik membuat konsumen percaya dengan perusahaan. Dampaknya, kredibilitas perusahaan akan meningkat dan ada kepuasan konsumen yang muncul kepada perusahaan.

  1. Jaminan atas kualitas

Salah satu dampak positif ketika produk sesuai standar ISO adalah kualitas produk dipercaya oleh konsumen karena terjamin kualitasnya. Namun, untuk mendapatkannya, perusahaan harus melalui yang disebut dengan PDCA (identifikasi, analisis, dan eksekusi sebuah penyelesaian).

  1. Hemat biaya

Ketika standar ISO telah diberlakukan pada perusahaan maka mudah bagi perusahaan untuk tanggap dan cepat dalam melakukan evaluasi kinerja karyawan. Jika ada produk yang diperkirakan gagal, dengan segera perusahaan akan memperbaiki atau mengganti dengan produk yang baru. Keuntungannya, tidak perlu terjadi pemborosan anggaran karena sistemnya telah terbentuk sejak dini.

  1. Kinerja karyawan menjadi optimal

Jika sebuah perusahaan telah menetapkan standar ISO, kinerja karyawan secara menyeluruh akan mengikuti standar tersebut. Karyawan pun akan terpacu untuk menyesuaikan baik dari segi kinerja, kedisiplinan, hingga perilaku agar kualitas perusahaan terjaga. Ketika kualitas tetap terjaga maka standar produk pun mengalami hal yang sama dan bahkan bisa saja meningkat lebih baik.

  1. Meningkatkan citra perusahaan

Salah satu keuntungan yang pasti didapatkan perusahaan ketika menerapkan standar ISO adalah brand image perusahaan menjadi baik. Selain itu, engagement perusahaan kepada konsumen juga jauh lebih baik.

Artikel menarik lainnya: AWAS KELIRU, SIMAK LANGKAH JITU LULUS AUDIT BPOM!

Cara Mendaftar ISO

Perusahaan yang ingin memperoleh sertifikat ISO ada beberap langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Lengkapi kuesioner yang tertera pada aplikasi permohonan pendaftaran sesuai sertifikasi yang perusahaan butuhkan.
  2. Badan sertifikasi yang dipilih melakukan asesmen terhadap ISO. Agar bisa berhasil, perusahaan perlu menunjukkan mutu yang baik minimal dalam jangka waktu tiga bulan.
  3. Badan sertifikasi akan menyetujui permohonan pendaftaran. Kemudian, akan ada proses audit pengawasan selama enam hingga dua belas bulan. Jika berhasil, sertifikat ISO akan diterbitkan.

Artikel menarik lainnya: 6 TIPS SUKSES DALAM MEMBANGUN BISNIS DENGAN TEMAN

Proses Audit Sertifikat ISO

Ada dua proses audit sertifikat ISO untuk perusahaan, baik dalam ruang lingkup atau badan usaha, yaitu:

  1. Pemeriksaan pemenuhan administrasi
  2. Pemeriksaan pemenuhan administrasi dan implementasi persyaratan secara keseluruhan.
Standar Kelulusan Mendapat Sertifikat ISO

Ada tiga faktor yang menyebabkan sebuah perusahaan tidak mendapatkan sertifikat ISO, yaitu:

  1. Temuan Majeure: Temuan fatal yang berarti ada satu sistem yang tidak dapat berjalan atau ada persyaratan tidak dijalankan tanpa alasan.
  2. Temuan Minor: Perusahaan tidak konsisten dalam menjalankan sistem atau hanya menerapkan sebagian dari yang seharusnya.
  3. Observasi: Saran perbaikan dalam implementasi sistem manajemen ISO.

Nah, seperti itulah pembahasan mengenai sertifikat ISO yang memegang peranan penting bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan.

Agar mempermudah untuk mendapatkannya, ISGroup Consulting memiliki layanan pembuatan dan pengurusan sertifikat ISO. Dengan mengurus sertifikat ISO di ISGroup Consulting, Anda akan dibantu dengan tim profesional dengan pelayanan yang cepat, terpercaya, dan transparan.

Ketahui informasi selengkapnya di www.isgroupconsulting.com atau konsultasikan bisnis Anda sekarang GRATIS di 081287414927.