Intip Tips-Tips Jitu Tender Pengadaan Barang 2022

pengadaan barang_isg

Bagi sebagian orang, istilah kata tender pengadaan barang mungkin tidak asing lagi di telinga. Namun, tidak menutup kemungkinan ada yang tidak mengetahui istilah tersebut. Tender pengadaan barang adalah aktivitas jual beli yang melibatkan dua pihak, yaitu pihak penyelenggara dan penyedia atau vendor.

Sedangkan, menurut Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2019, tender pengadaan barang adalah metode pemilihan untuk mendapatkan penyedia barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya.

Tender pengadaan barang secara resmi diatur oleh Peraturan Presiden (Perpres). Hal ini dikarenakan untuk memastikan proyek yang dijalankan menggunakan dana negara dengan dilakukan secara adil, transparan, dan akuntabel.

Dengan adanya Perpres tersebut, tender pengadaan barang akan memberikan prioritas kepada penyedia yang memiliki produk lokal dan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Artikel menarik lainnya : PROSEDUR PELAKSANAAN KEGIATAN EKSPOR DAN IMPOR BARANG

Apa Bedanya Tender Pengadaan Barang dan Lelang?

Tender pengadaan barang dan lelang merupakan salah satu strategi bagi dari pelaku usaha untuk mendapatkan proyek besar dari pihak penyelenggara yang umumnya dilakukan oleh pemerintah.

Sedangkan secara general, lelang adalah penjualan suatu barang secara terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis atau lisan untuk mendapatkan harga tertinggi dan dipimpin oleh pejabat lelang.

Namun, sesuai peraturan Pemerintah No. 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa, istilah lelang akan disamakan dengan tender pengadaan barang.

Bagaimana Persyaratan Tender Pengadaan Barang untuk Para Calon Penyedia

Pihak penyedia diharuskan untuk mengikuti syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan agar proses seleksi oleh pokja pemilihan atau pemberi tender dapat lebih lancar. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dilakukan untuk tender pengadaan barang untukmu!

artikel menarik lainnya : TIPS MEMILIH JASA PERIZINAN USAHA YANG TEPAT

  • Legalitas perusahaan dapat dibuktikan dengan Akta Perusahaan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Nomor Pokok Wjib Pajak (NPWP), dan dokumen kualifikasi yang lain yang diminta.
  • Mencari informasi pengadaan yang tersedia di portal e-procurement milik pemerintah daerah, atau datang ke lembaga/instansi yang bersangkutan.
  • Penawaran harga dan barang atau jasa sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti garansi dan memberikan penawaran dengan kualitas terbaik.
  • Teliti saat mengisi dokumen penawaran dengan memperhatikan penjelasan yang diberikan dan jangan merubah deskripsi dalam dokumen tersebut.
  • Jika kamu menang tender, kamu diharuskan untuk memberikan barang atau jasa yang sesuai dengan spesifikasi, tipe, jenis dan jumlah volume yang sesuai dengan dokumen penawaran yang telah dibuat sebelumnya.

Tips dan Trick Tender Pengadaan Barang

Ada beberapa tips dan trick yang harus kamu ketahui tentang tender pengadaan barang, sebelum kamu mengikutinya. Seperti beberapa berikut ini!

  1. Mengenali Prosedur Tender Pengadaan Barang

Sebelum kamu mengikutinya, alangkah lebih baik kamu mengenali apa saja prosedur tender pengadaan barang. Karena ada berbagai jenis barang yang akan dilelang.

  1. Kriteria Tender Pengadaan Barang

Setelah itu, kembali periksa barang yang akan dilepas pada tender. Hal ini mencakup harga, kualitas, volume, durasi pengiriman, kualifikasi dari pihak yang mengikuti pelelangan, waktu pelaksanaan, dan lain sebagainya. Kemudian, pemilik proyek pun diwajibkan melengkapi syarat administrasi berserta perencanaannya.

  1. Tawaran Proposal dari Peserta Tender Pengadaan Barang

Selanjutnya, peserta tender pengadaan barang yang dianggap memenuhi kriteria atau persyaratan dapat mengirimkan proposal. Dokumen tersebut umumnya berisi penawaran pengadaan barang pada tender pemerintah. Dalam tahap ini, vendor dapat memberikan penawaran menarik serta menguntungkan pemilik proyek. Misalnya dengan memberikan kemudahan pengadaan, jaminan stnk, dan harga bersaing.

  1. Menganalisis Penawaran dari Peserta Tender Pengadaan Barang

Begitu semua peserta tender pengadaan barang selesai mempresentasikan proposal. Pemilik proyek melakukan analisis terhadap penawaran yang diajukan. Mereka akan memiliki peserta tender pengadaan barang yang dianggap kompeten dan memiliki penawaran terbaik. Peserta tender pengadaan barang juga harus memperhatikan reputasinya, karena pemilik proyek pun akan mempertimbangkannya sebelum mengambil keputusan.

  1. Menyediakan Kontrak Proyek Tender Pengadaan Barang

Setelah mendapatkan peserta tender pengadaan barang yang dianggap layak dan memenuhi kriteria, pemilik proyek lantas mengumumkan pemenangnya. Peserta tender pengadaan barang yang terpilih akan diberikan kontrak proyek pengadaan barang yang perlu ditandatangani. Mereka yang mengikuti tender pengadaan barang sebaiknya cermat dalam mempelajari setiap poin untuk mencegah kesalahpahaman di kemudian hari.

  1. Penyelesaian Proyek dan Pertanggung jawaban Tender Pengadaan Barang

Laporan akhir dan pertanggungjawaban dari peserta terpilih diperlukan sebagai bahan evaluasi maupun kepentingan lain. Bukan hanya itu, dokumen pertanggung jawaban yang tepat membantu pihak yang terlibat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hukum.

Itu dia beberapa tips-tips yang harus kamu ketahui dalam tender pengadaan barang. Jika kamu ingin membutuhkan konsultasi soal tender pengadaan barang, PT Indonesia Sejahtera Group solusinya. Yuk, kunjungi dan berkonsultasi! Dijamin aman, cepat, dan terpercaya!

Artikel menarik lainnya : MENGENAL LEBIH DEKAT PENDIRIAN COMMANDITAIRE VENNOOTSCHAP (CV)

hubungi_kami_isg