Mengenal Lebih Dekat Pendirian Commanditaire Vennootschap (CV)

tahap-tahap impor isg

Tidak heran jika belakangan ini masyarakat Indonesia sudah mulai terjun ke dunia wirausaha. Berjamurnya pelaku usaha dan dilakukan oleh berbagai kalangan, berdampak positif untuk mengurangi angka pengangguran.

Selain Perseroan Terbatas (PT), di Indonesia juga terdapat badan usaha yang cukup populer, yakni Commanditaire Vennootschap (CV). Banyak pelaku usaha yang lebih memilih untuk mengurus pendirian Commanditaire Vennootschap daripada Perseroan Terbatas. Alasannya mudah, sebab prosedur pendirian Commanditaire Vennootschap jauh lebih mudah, apalagi untuk pelaku usaha mikro.

Perlu diketahui, pendirian Commanditaire Vennootschap ini merupakan salah satu bentuk usaha yang tidak berbadan hukum, sebab tidak ada Undang-Undang khusus yang mengaturnya. Regulasi pendirian Commanditaire Vennootschap tertuang di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dan Permenkumham No. 17 Tahun 2018.

Tahapan Prosedur Pendirian Commanditaire Vennootschap

Berikut ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum mengajukan izin pendirian Commanditaire Vennootschap, antara lain :

• Mempersiapkan semua kelengkapan data Commanditaire Vennootschap, seperti: nama, alamat, susunan pengurus, maksud dan tujuan pendirian Commanditaire Vennootschap, serta jenis usaha yang dijalankan.
• Melakukan pemesanan nama di SABU, gunanya untuk memastikan bahwa nama belum dipakai Commanditaire Vennootschap lain.
• Membuat Akta pendirian Commanditaire Vennootschap di depan notaris, dengan membawa kelengkapan berikut:
o Fotokopi e-KTP pengurus
o Fotokopi KK pengurus
o Fotokopi NPWP pengurus
o Fotokopi bukti kepemilikan tempat usaha
o Fotokopi sertifikat pelunasan PBB
o Fotokopi Surat Domisili
• Melakukan registrasi melalui SABU dan melampirkan akta notaris. Selanjutnya kamu tinggal menunggu Surat Keterangan Terdaftar yang disahkan.
• Mendaftarkan pendirian Commanditaire Vennootschap untuk mendapatkan NIB dan izin usaha komersial melalui laman OSS.

artikel menarik lainnya : Pentingnya legalitas usaha dalam bisnis

Keuntungan Pendirian Commanditaire Vennootschap

Pendirian Commanditaire Vennootschap ada beberapa syarat yang diperlukan, minimal pendiri hanya dua orang dan berwarga negara Indonesia, serta usaha berada di wilayah Indonesia. Pendirian Commanditaire Vennootschap juga tidak ada minimal batas modal, lho. Pengurusan akta pendirian Commanditaire Vennootschap pun bisa dilakukan di wilayah masing-masing tempatmu berada.

Biaya Pendirian Commanditaire Vennootschap

Untuk biaya pendirian Commanditaire Vennootschap sendiri setiap daerah tidak sama. Bahkan dapat berubah dari tahun ke tahun, bisa jadi harga lebih tinggi atau lebih murah.

Bahkan bisa dengan mudah dan murah jika kamu meminta bantuan pihak ketiga dalam hal pendirian Commanditaire Vennootschap untuk mengurus segala hal.

artikel menarik lainnya : MENGENAL LEBIH DEKAT PERUSAHAAN JASA KONSULTAN FREIGHT FORWARDING

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Pendirian Commanditaire Vennootschap

1. Melaporkan Jumlah Tenaga Kerja yang Terlibat
Wajib lapor tenaga kerja dilakukan di situs http://wajiblapor.kemnaker.go.id/. Hal ini perlu dilakukan sesuai Undang-Undang No. 7 Tahun 1981 dan peraturan Menteri tenaga Kerja dan transmigrasi tahun 2006.

2. Perusahaan Wajib Menjaga Segala Dokumen Perusahaan
Penting sekali untuk menyimpan dokumen perusahaan dengan baik, terutama berkas yang harus diperpanjang karena habis masa berlakunya.

3. Membuat Perjanjian Tertulis
Perjanjian tertulis perlu sekali dilakukan setiap kali bertransaksi dengan pihak lain demi meminimalisir konflik antar pengusaha.

4. Membayar Pajak
Sebagai warga negara yang bijak, sudah sepatutnya jika kamu taat dalam membayar pajak. Besaran jumlah pajak tidak sama antara pengusaha yang satu dengan pengusaha yang lain tergantung dengan besar kecilnya penghasilan.

5. Mendaftarkan Merek Produk
Pendaftaran merek produk ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadi over klaim oleh pihak lain atas penjiplakan ide dan sebagainya.

artikel menarik lainnya : PENTINGNYA LEGALITAS USAHA DALAM BISNIS

Menggunakan Jasa Pendirian Commanditaire Vennootschap

• Legalitaskita telah mendampingi lebih dari ribuan pengusaha mendirikan dan mengurus perizinan usaha,
• Ditangani oleh konsultan dan notaris yang berpengalaman dibidangnya,
• Rutin memberikan perkembangan proses pekerjaan secara berkala,
• Harga dan layanan
• Perlindungan bisnis dan layanan yang pasti,
• Pengurusan jasa pendirian Commanditaire Vennootschap menjadi lebih mudah, tepat waktu dan terjangkau.

Itu dia hal yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan pendirian Commanditaire Vennootschap. Nah, bagi kamu yang tidak memiliki waktu untuk mengurus pendirian Commanditaire Vennootschap, ada baiknya pilih jasa pendirian Commanditaire Vennootschap, misalnya PT Sejahtera Indonesia Grup. Hal ini dikarenakan PT Sejahtera Indonesia Grup sudah berpengalaman dalam menanganin usaha yang akan melakukan pendirian Commanditaire Vennootschap. Ingin tahu informasi selengkapnya? Kunjungi https://isgroupconsulting.com/

hubungi_kami_isg