Mengenal Lebih Dekat Perusahaan Jasa Konsultan Freight Forwarding

isg_freight_forwarding

Jika kamu ingin membeli barang dari luar negeri sudah pasti kamu tidak akan sering mendengar istilah freight forwarding atau perusahaan jasa konsultan freight forwarding. Tapi apa sih sebenarnya pengertian dari freight forwarding?  Apa saja perusahaan jasa konsultan freight forwarding akan tawarkan? Lalu, apa sajakah tugasnya?

Berikut ini akan kami rangkum seputar perusahaan jasa konsultan freight forwarding untuk mengetahui lebih dalam!

Pengertian Freight Forwarding  

Freight forwarding adalah sebuah perusahaan yang mengatur kegiatan transportasi angkutan barang dari pabrik (pembuat barang) sampai ke tangan pihak lain (distributor, pedagang besar atau langsung ke tangan pembeli).

Perngertian Konsultan  freight forwarding

Sedangkan, jasa freight forwarding adalah kegiatan usaha yang ditujukan mengurus semua kegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengiriman dan penerimaan barang melalui transportasi darat, laut dan udara.

Perlu diketahui, perusahaan jasa konsultan freight forwarding ahli dalam memberikan saran, rekomendasi dalam menentukan alat angkut apa yang paling memungkinkan agar barang bisa berpindah secara efisien. Selain itu, perusahaan jasa konsultan freight forwarding dinilai lebih cocok untuk usaha kecil menengah (KM) lokal berbasis e-commerce dalam hal pengiriman barang dari dalam dank e luar negeri.

Warning! Perusahaan Jasa Konsultan Freight Forwarding Bukan Jasa Angkut Barang

Perlu dicatat! Perusahaan jasa konsultan freight forwarding tidak sama dengan perusahaan jasa angkut barang. Karena perusahaan jasa angkut barang biasanya disebut perusahaan cargo, perusahaan yang mempunyai bisnis utama sebagai pengangkut barang.  Perusahaan jasa angkut juga biasanya mempunyai armada sendiri dan tidak melayani jasa lain di luar perpindahan barang dari A ke B.

Bedanya dengan perusahaan jasa konsultan freight forwarding apa? Perusahaan jasa konsultan freight forwarding secara umum tidak mempunyai armada. Selain itu, perusahaan jasa konsultan freight forwarding akan menghubungi sebuah perusahaan jasa angkut atau beberapa perusahaan jasa angkut hingga ke tempat yang dituju. Perusahaan jasa konsultan freight forwarding dapat melakukan pengiriman secara satu container penuh ataupun tidak.

 

artikel menarik lainnya : Pentingnya legalitas usaha dalam bisnis

 

Tugas-Tugas Perusahaan Jasa Konsultan Freight Forwarding

Ada berbagai tugas dari perusahaan jasa konsultan freight forwarding yang perlu kamu ketahui, yakni….

  • Mencari dan Merencanakan Rute

Tugas dari perusahaan jasa konsultan freight forwarding yang pertama adalah mencari dan merencanakan rute yang tepat untuk mengirim barang. Pemilihan perusahaan jasa konsultan freight forwarding dilakukan dengan memperhatikan pertimbangan banyak halm seperti biaya daya tahan barang, waktu transit, hingga keamanannya.

  • Menyarankan Kemasan

Selain itu, perusahaan jasa konsultan freight forwarding juga akan menyarankan kemasan yang tepat untuk barang. Untuk poin ini, ada pertimbangan berat dan sifat barang medan, iklim, lokasi tujuan, dan biaya pengiriman.

  • Melakukan Negosiasi

Tidak sampai di situ, perusahaan jasa konsultan freight forwarding juga melakukan negosiasi tentang biaya transportasi, kontrak, hingga standar penanganan barang.

  • Menyiapkan Dokumen

Perusahaan jasa konsultan freight forwarding juga menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai aturan dan persyaratan yang ditetapkan oleh negara tujuan. Bukan hanya itu, selain dokumen persyaratan, syarat lainnya termasuk spesifikasi pengepakan dan persyarakat asuransi pun termasuk di dalamnya.

  • Memberikan Penawaran Layanan Konsolidasi

Perusahaan jasa konsultan freight forwarding juga memberikan penawaran layanan konsolidasi. Hal tersebut bisa melalui darat, laut, atau udara. Hal ini guna untuk memastikan solusi pengiriman yang efektif, baik dari segi biaya hingga keamanannya.

 

artikel menarik lainnya : Tips Memilih Jasa Perizinan Usaha yang Tepat

 

Jasa yang Ditawarkan Perusahaan Jasa Konsultan Freight Forwarding

Jika dilihat dari definisi perusahaan jasa konsultan freight forwarding di atas, pemilik barang cukup berhubungan dengan freight forwarding saja. Agar barang miliknya bisa sampai di tangan pembeli.

Nah, berikut ini beberapa jasa yang biasanya ditawarkan perusahaan jasa konsultan freight forwarding!

  1. Dapat mengurus kewajiban bea cukai atau kewajiban pabean terhadap aturan setiap negara.
  2. Melakukan dokumentasi barang impor atau barang ekspor.
  3. Mengurus kebutuhan jasa asuransi pengangkutan barang. Hal ini dikarenakan jasa asuransi barang dibutuhkan untuk perlindungan kondisi barang di perjalanan.
  4. Memberikan saran jalur lintas pengiriman sesuai dengan jadwal angkutan yang paling dimungkinkan.

Nah, untuk kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap dan membutuhkan jasa-jasa seputar freight forwarding, kamu bisa mengandalkan PT Indonesia Sejahtera Group (ISG). Karena ISG bisa diandalkan dan terpercaya dalam perusahaan jasa konsultan freight forwarding.

isg_telepon