Segudang Manfaat Sabut Kelapa, Dari Limbah Menjadi Cuan!

Siapa yang tidak mengenal pohon kelapa? Pohon kelapa merupakan pohon yang menjulan tinggi dengan buah kelapa yang berbentuk besar dan sangat manis.

Pohon kelapa terkenal dengan kaya akan khasiat dan kegunaannya, mulai dari kelapanya, buahnya, dan daunnya.

Hampir seluruh bagian dari buah kelapa memiliki manfaat yang beraneka ragam. Buahnya yang manis dan memiliki tekstur yang lembut sangat menyegarkan memiliki manfaat, baik untuk kesehatan atau menangkal racun pada tubuh. Tapi tidak hanya itu, masih banyak manfaat lain dari kelapa loh!

Pada batoknya, kelapa bermanfaat sebagai bahan baku pembuatan arang batok kelapa. Sedangkan, daun kelapanya dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan. Lalu, batang atau ruas jari kelapa dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sapu lidi.

Selain itu, bagian lain dari kelapa yang juga memiliki manfaat adalah sabut kelapa. Walaupun termasuk jenis limbah, tetapi sabut kelapa memiliki gudang manfaat dan nilai jual yang tinggi, loh! Sabut kelapa merupakan bagian luar kelapa dengan tekstur yang keras.

Lalu, apa saja manfaat dari sabut kelapa? Bagaimana keuntungan sabut kelapa di pasar global? Simak artikel berikut ya!

Manfaat Sabut Kelapa untuk Tanaman

Sabut kelapa dapat dimanfaatkan sebagai media tanam dan pupuk tanaman. Kandungan yang terdapat dalam sabut kelapa cocok untuk tanaman sayur dan bunga. Dengan tingkat pH yang netral, sabut kelapa dapat menjadi pengganti batu kapur untuk menetralkan tanah yang asam sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Selain itu, Sabut kelapa mampu menciptakan kantong udara dalam tanah yang memungkinkan kelembapan mengalir dari akar tanaman. Sehingga meningkatkan drainase tanah pada tanaman sekaligus membantu mempertahankan kelembapan tanah. Kandungan unsur hara dalam sabut kelapa juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tanah dari waktu ke waktu.

Sabut kelapa memiliki ketebalan sekitar 5 – 6 cm dengan lapisan luar dan dalam yang mengandung senyawa kimia selulosa, lignin, pyroligeous acid, gas, arang titanium potassium, dan kalium. Kandungan kalium yang terdapat dalam sabut kelapa dapat dijadikan sumber kalium organik untuk menggantikan pupuk KCI.

Pupuk organik sabut kelapa bisa menyimpan air sebanyak 60%, ini tentunya lebih banyak dibandingkan dengan pupuk lainnya.

Artikel menarik lainnya: SEBERAPA PENTING CERTIFICATE OF ORIGIN DALAM DUNIA EKSPOR?

Manfaat Sabut Kelapa untuk Bahan Bakar

Sejak dulu, sabut kelapa digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak sebelum adanya kompor minyak atau kompor gas. esKini, sabut kelapa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan arang briket. Arang briket yang berasal dari sabut kelapa lebih ramah lingkungan karena emisi yang dihasilkan tidak seperti bahan bakar pada umumnya. Arang briket merupakan bahan bakar yang terkenal di pasar global. Indonesia termasuk negara yang diminati pasar global untuk ekpor.

Manfaat Sabut Kelapa untuk Kerajinan Tangan

Sabut kelapa dapat dibuat menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai tinggi. Produk olahan kerajinan tangan dari sabut kelapa, di antaranya cocopeat, cocofiber, cocomes, cocopot, cocofiber board, dan cococoir.

Setelah melalui proses pengolahan, maka sabut kelapa akan dibentuk menjadi kebutuhan rumah tangga, seperti keset kaki, matras, pot tanaman, hingga boneka miniatur.

Artikel menarik lainnya: MELIMPAHNYA EKSPOR REMPAH INDONESIA DI PASAR EROPA

Manfaat Sabut Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Sabut kelapa yang dianggap hanya sebuah limbah kelapa, tidak dapat disangka dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya sebagai antibiotik bagi tubuh. Tiga orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang telah membuktikannya.

Ekstrak sabut kelapa memiliki kandungan antibiotik alternatif yang bisa digunakan untuk terapi infeksi bakteri staphylococcus aureuns yang resisten terhadap metisilin. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi katup jantung atau infeksi pada tulang.

Manfaat Sabut Kelapa untuk Bahan Baku Kertas

Sabut kelapa adalah bagian penting dari buah kelapa yang memiliki porsi 35% dari seluruh berat buah kelapa. Serat sabut kelapa memiliki kandungan selulose yang cukup tinggi sehingga serat tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pulp yang selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan kertas.

Pembuatan kertas terdiri dari campuran pulp serat sabut kelapa dan pulp pembentuk HVS. Serat yang dihasilkan dari sabut kelapa memiliki daya serap yang baik, sifat tulis yang tebal, dan ketahanan hapus yang sepadan dengan tinta yang digoreskan. Namun, memiliki daya tarik yang kurang kuat.

Artikel menarik lainnya: PENTING! UKM DAN IKM WAJIB PUNYA HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI)

Seperti itulah manfaat yang dihasilkan dari sabut kelapa. Sekarang, sabut kelapa tidak hanya eksis di dalam negeri, kiprahnya sudah melambung di pasar global. Hal ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan produk turunan kelapa di pasar global sebagai bahan baku industri.

Sabut kelapa meski termasuk dalam salah satu jenis limbah, namun digunakan sebagai media tanam di negara Jepang dan Korea. Di Jerman sejumlah perusahaan otomotif memanfaatkan sabut kelapa sebagai bahan baku jok mobil. Sabut kelapa bukan hanya sebuah limbah yang hanya dibuat di tong sampah dan tidak berguna. Tetapi, memiliki nilai yang tinggi dengan dijadikan beberapa komoditas yang dibutuhkan di pasar global.

Ingin mengembangkan usaha ke pasar global? Mari konsultasikan usahamu secara GRATIS bersama ISGroup Consulting. Kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang legality service, logistic  & forwarding, ekspor impor, trading company, pengadaan barang, dan tax & finance. Kami dapat membantu pengurusan ekspor anda dengan cepat, terpercaya, dan transparan. Hubungi kami melalui email www.isgroupconsulting.com atau telepon 081387001998.

Layanan_ISGroup